Pengertian Ghibah

Pengertian Ghibah - Ghibah adalah menyebutkan sesuatu yang terdapat pada diri seorang muslim, sedang ia tidak suka (jika hal itu disebutkan). Baik dalam keadaan soal jasmaninya, agamanya, kekayaannya, hatinya, ahlaknya, bentuk lahiriyahnya dan sebagainya. Caranya-pun bermacam-macam. Di antaranya dengan membeberkan aib, menirukan tingkah laku atau gerak tertentu dari orang yang dipergunjingkan dengan maksud mengolok-ngolok.
Pengertian Ghibah

Allah berfirman dalam Qur’an Surah Al Hujurat ayat 12 yang artinya:
“ Wahai orang-orang yang beiman! Jauhilah banyak prasangka, sesungguhnya prasangkan itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada diantara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati?Tentu kamu merasa jijik.Dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah maha penerima taubat, Maha penyayang. ”

Dalam Hadis Rasulullah SAW bersabda,yang artinya ; “Ghibah ialah apabila engkau menyebutkan prihal saudaramu dengan sesuatu yang tidak disukai olehnya. “ (HR. Muslim )
Sebab-sebab  timbulnya ghibah
a.    Ingin menghilangkan perasaan marah. Jika telah terlampiaskan marahnya ia merasa puas.
b.    Kemegahan diri, seseorang yang ingin dikatakan hebat, dan mewah atau megah.
c.    Mengaggap orang lain lemah, rendah dan hina.

IINTINE BELAJAR adalah salah satu blog yang membagikan artikel tentang mapel-mapel Agama Islam untuk anda semua khususnya pelajar. Dengan adanya blog ini diharapkan untuk anda sebarkan kepada orang lain.!!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Ghibah

1 komentar:

  1. https://intinebelajar.blogspot.co.id/2016/11/pengertian-ghibah.html

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus