Kepedulian Sosial Dalam Islam

Kepedulian Sosial Dalam Islam - Kata kepedulian berasal dari akar kata peduli yang artinya memerhatikan atau menghiraukan.

Menaruh peduli berarti menaruh perhatian atau menghiaraukan sesuatu. Kepedulian merupakan suatu sikap  memperhatikan atau menghiraukan  urusan orang lain ( sesama anggota masyarakat).

Kepedulan sosial bukan berarti mencampuri urusan orang lain tetapi lebih pada membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi orang lain dengan tujuan kebaikan.

Mengapa manusia perlu memiliki kepedulian sosial?

Dikarenakan manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa menjalin hubungan kerjasama dengan orang lain. Kerjasama itu dapat terjalin harmonis manakala masing-masing pihak memiliki kepedulian sosial.

Sikap kepedulian sosial sangat dianjurkan dalam ajaran Islam.  Karena kepedulian sosial  mempunyai dampak positif antara lain  terwujudnya sikap tolong menolong sehingga menumbuhkan kerukunan dan  dan kebersamaan yang erat.

Banyak cara  untuk membentuk jiwa social dalam kehidupan masyarakat , antara lain :

a. Menyadari bahwa rezeki adalah berasal dari Allah dan jika Allah menghendaki dapat di ambil dalam waktu yang relative singkat.
b. Menyadari bahwa kepedulian social termasuk ibadah yang pasti akan mendapat pahala dari Allah.
c. Menjauhkan diri dari sifat rakus(Tamak), kikir dan bakhil.
Konsep kepedulian sosial terdapat pada surah al-Kautsar dan al- Maun.


INTINE BELAJAR adalah salah satu blog yang membagikan artikel tentang mapel-mapel Agama Islam untuk anda semua khususnya pelajar. Dengan adanya blog ini diharapkan untuk anda sebarkan kepada orang lain.!!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kepedulian Sosial Dalam Islam

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus