Pengertian Husnuzzan & Macam-Macamnya

Nabi saw bersabda:
طُوْبَى ِلَمَنْ َشغَلَهُ عَيْبُهُ عَنْ عُيُوْبِ الَّناسِ
Artinya: “Sangat beruntung orang yang sibuk dengan aib/kekurangan diri sendiri daripada mengurusi aib orang lain”.

Pengertian Husnuzzan & Macam-Macamnya - Menurut bahasa husnuzzan adalah berbaik sangka. Menurut istilah adalah berbaik sangka terhadap apa yang terjadi atau dilakukan orang lain.

Orang yang mempunyai sifat husnuzzan selalu memandang orang lain dengan kacamata kebaikan. Makaorang yang selalu berhusnuzzan akan lebih tenang dalam menjalani hidup. Jika seseorang berbuat baik kepadanya maka ia akan sangat berterimakasih atas kebaikannya dan berusaha membalas kebaikannya.

Namun jika ada orang yang berbuat tidak baik maka ia tidak akan membalasnya dengan hal-hal yang tidak baik pula akan tetapi dia akan mencari sisi baiknya dan selalu mengintropeksi dirinya sendiri.

Secara umum husnuzzan ada dua macam :

Husnuzzan Kepada Allah Swt

Kita harus yakin bahwa Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.Allah juga Maha Memelihara semua makhlukNya, terutama manusia. Maka apapun yang Allah berikan dalam kehidupan kita, patut kita syukuri dan kita ambil hikmahnya dengan berhusnuzzan kepada Allah.

Dengan begitu kita akan semakin ikhlas dan sabar dalam menjalani kehidupan. Ketika Allah memberikan kita musibah seperti sakit, maka kita harus berhusnuzzan kepadaAllah. Bahwa Allah saying kepada kita dengan merontokkan dosa-dosa kita ketika sakit dan bersabar.

Husnuzzan Kepada Sesama Manusia

Manusia adalah makhluk sosial. Manusia saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lain. Islam mengajarkan berbagai cara untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat yang damai dengan berhusnuzzan kepada masyarakat atau tetangga sekitar.

Seperti halnya Rosulullah yang selalu berhusnuzzan kepada orang-orang yang menyakitinya. Ketika rosulullah menyiarkan dakwahnya pada periode pertama, beliau pernah ditolak, dihujat dan disakiti oleh penduduk Thoif. Namun Rosulullah selalu berhusnuzzan bahwa mereka belum memahami tentang keRosulannya kemudian mendoakannya agar mendapat petunjuk dari Allah SWT.

Kita patut mencontoh perbuatan baik Rosulullah dalam kehidupan sehari-hari baik di masyarakat atau di lingkungan sekolah kita.
INTINE BELAJAR adalah salah satu blog yang membagikan artikel tentang mapel-mapel Agama Islam untuk anda semua khususnya pelajar. Dengan adanya blog ini diharapkan untuk anda sebarkan kepada orang lain.!!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Husnuzzan & Macam-Macamnya

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus