Pengertian Namimah Beserta Dalil & Penyebabnya

Pengertian Namimah Beserta Dalil dan Penyebabnya - Menurut bahasa namimah berasal dari bahasa arab yang artinya adu domba. Adapun yang dimaksudkan dengan namimah menurut istilah adalah menyampaiakan sesuatu yang tidak disenangi, baik yang tidak senang itu orang yang diceritakan ataupun orang yang mendengarnya.Cara menyampaikan sesuatu itu biasanya dengan ucapan atau perkataan, tetapi adakalanya dengan tulisan, isyarat atau dengan sindiran.

Namimah pada hakekatnya adalah menyampaikan atau menceritakan rahasia orang lain sehingga merusak nama baik orang lain tersebut, tentu saja orang yang diceritakan itu merasa tidak senang dan dapat menimbulkan permusuhan.

Seringkali terjadi namimah dilakukan oleh orang yang sengaja ingin menimbulkan permusuhan antara seseorang dengan orang lain atau bahkan sifat seseorang yang ingin mencari popularitas diri sendiri diatas penderitaan orang lain. Misalnya Abduh dan Asmat adalah dua orang yang bersahabat.

Darwin adalah orang yang banyak omong dan akhlaknya kurang baik. Melihat persahabatan Abduh dan Asmat sangat akrab, Darwin kemudian mencari-cari peluang untuk mengadu domba antara Abduh dan Asmat dengan berbagai cara Darwin lakukan, sehingga persahabatannya bercerai berai bahkan terjadi perkelahian atau permusuhan antara Abduh dan Asmat.

Dalil yang berhubungan dengan Namimah

Namimah termasuk akhlak tercela yang dilarang dalam Agama sesuai dengan firman Allah SWT sebagai berikut :
وَلاَتُطِعْ كُلَّ حَلاَّفٍ مَّهِينٍ  هَمَّازٍ مَّشَّآءٍ بِنَمِيمٍ
Artinya: "dan janganlah kamu ikuti Setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah," (QS. Al Qalam ayat 10-11)
وَيْلُ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ
Artinya: "kecelakaanlah bagi Setiap pengumpat lagi pencela." (QS. Al Humazah ayat 1)

Penyebab timbulnya sifat Namimah

Perbuatan namimah atau adu domba disebabkan antara lain :
  • Ada perasaan tidak senang terhadap orang yang diceritakan. 
  • Adanya sifat dengki pada diri seseorang yang menyebabkan ketidak senangan kepada orang lain yang mendapatkan kebahagiaan maupun kesuksesan. 
  • Mencari muka agar orang lain bersimpati kepada dirinya. 
  • Gemar berbicara berlebihan, omong kosong atau berbicara tentang hal-hal yang tidak benar. 
  • Ada beberapa cara untuk menghindari sifat namimah antara lain : 
  • Apabila melihat atau mendengar sesuatu yang disampaikan orang lain itu akan menimbulkan keburukan sebaiknya didiamkan saja. 
  • Jangan melayani omongan orang yang suka berkata bohong. 
  • Apabila ada berita yang meragukan dari seseorang, agar diselidiki dulu kebenarannya.
INTINE BELAJAR adalah salah satu blog yang membagikan artikel tentang mapel-mapel Agama Islam untuk anda semua khususnya pelajar. Dengan adanya blog ini diharapkan untuk anda sebarkan kepada orang lain.!!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Namimah Beserta Dalil & Penyebabnya

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus