Etika Pergaulan Remaja Dalam Islam

Etika Pergaulan Remaja Dalam Islam - Sudah menjadi kewajaran jika kita memiliki seorang teman atau sahabat. Karena memang kita diciptakan sebagai makhluk sosial. Kita memiliki teman atau sahabat,bermula dari proses saling mengenal satu dengan yang lain.

Akan tetapi,bukan berarti setiap orang yang kita kenal harus kita jadikan teman atau sahabat. Kenapa?,karena seperti kita tahu,tidak semua yang kita kenal punya akhlak yang baik. 

Karenanya,memilih teman haruslah selektif. Bagaimanapun,teman atau sahabat kita,sedikit atau banyak,sengaja atau tidak,sadar atau tidak,akan memberi dampak pada perilaku dan akhlak kita. 

Rasulullah bersabda :

"...اَلرَّفِيْقُ قَبْلَ الطَّرِيْقِ"
Artinya: “…pilihlah teman,sebelum mengadakan perjalanan”

Hadis di atas jelas, rasulullah memerintahkan kita agar selektif memilih teman. Ibarat pepatah mengatakan : “berteman dengan penjual nangka,kita akan terkena getahnya, berteman dengan penjual minyak wangi,kita akan terkena harumnya”.

Lantas,siapakah sahabat yang baik itu?. Sahabat yang baik adalah:
  • Orang yang senantiasa mengingatkan kita dalam kebaikan dan taqwa
  • Orang yang selalu dekat dengan kita meski kita dalam keadaan susah
  • Orang yang senantiasa ikhlas menolong kita saat kita butuhkan
  • Berbuat baik di depan maupun di belakang kita

Setelah kita memperoleh teman atau sahabat yang baik,maka kita harus memperhatikan etika atau adab bergaul dengan mereka sesuai dengan syariat Islam.
INTINE BELAJAR - Jika ada penulisan surat Al-Qur'an yang salah atau ada kesalahan makna dan kesalahan lainnya, harap untuk segera lapor ke admin untuk tujuan perbaikan melalui email: intinebelajar@gmail.com !!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Etika Pergaulan Remaja Dalam Islam

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus