Inilah 5 Akibat buruk dari Sifat Tamak terhadap Harta

Zaman sekarang manusia lebih memilih  hidup mewah dan berlaku  konsumtif. Salah satu efek negatif dari gaya hidup konsumtif  adalah menumbuhkan sifat tamak terhadap harta. Lalu apakah yang dimaksud dengan tamak terhadap harta?

Tamak terhadap harta adalah suatu keinginan yang amat besar untuk memperoleh harta sebanyak-banyaknya. Keinginan untuk memperoleh harta itu didorong oleh kecintaan terhadap harta melebihi yang lain.

Sebenarnya  Islam tidak  melarang jika seseorang itu  mencintai harta, hanya saja Islam mengingatkan agar  kecintaannya pada harta itu bukan dijadikan sebagai tujuan hidup. Tujuan hidup manusia tidak terletak pada kecukupan harta, tetapi kepuasan ruhani yang mengantarkan manusia menikmati kehidupan di masa datang (kehidupan Akhirat) secara lebih hakiki.
Baca juga: Pengertian dan Perilaku Orang Yang Tamak

Al-Qur’an mengungkapkan bahwa salah satu faktor yang membuat manusia senang terhadap harta, karena harta merupakan hiasan kehidupan dunia. Coba renungkan  firman Allah yang terdapat  pada surah al-Kahfi ayat  46, berikut :

الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا
Artinya:” Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan”.

Sepanjang hayat masih dikandung badan keinginan manusia untuk menambah dan mengumpulkan harta tidak akan pupus. Semakin bertambah kekayaan yang diperoleh dan dikuasai , semakin tinggi semangatnya untuk menambah kekayaan. Rasulullah dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari bersabda: ” Seandainya manusia ada yang memiliki dua lembah yang penuh dengan emas maka dia akan tetap mengharapkan mempunyai lembah yang ketiga”.

Tamak terhadap Harta

Islam mewajibkan umatnya untuk bekerja mencukupi kebutuhan hidup dengan cara yang benar.  Dengan bekerja maka manusia akan memperoleh hak milik berupa harta benda. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, harta tersebut  juga harus dimanfaatkan dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT.

Tahukah kalian, bahwa kepemilikan harta yang melimpah terkadang bisa memunculkan  perilaku Akhlakul mazmumah yaitu tamak terhadap harta? Sifat tamak  muncul karena manusia sangat mencintai harta kekayaan. 

Karena kecintaannya terhadap harta  yang mendalam,  sebagian manusia berkeinginan  menimbun harta  untuk kepentingan pribadi,  dengan kekayaan yang bertambah bersamaan itu muncul sikap batin yang tidak baik, yaitu keserakahan dan keinginan yang tidak terkendali  terhadap harta kekayaan,  selalu berusaha mengejar   dan mencari kekayaan dengan segala macam cara. Dia tidak pernah memiliki kepuasan terhadap apa yang ada padanya dan tidak mampu membendung keinginan-keinginan  terhadap apa yang belum berhasil dicapai. 

Dia tidak pernah merasa bersyukur dengan apa yang dia miliki, tetapi justru keserakahan terhadap apa yang belum dimiliki menjadi memuncak. Sikap seperti inilah yang disinyalir oleh Allah dalam al-Qur’an surat at-Takatsur, bahwa pada dasarnya manusia mempunyai kecenderungan untuk tamak dan serakah terhadap harta. ”Obsesi untuk mengumpulkan kekayaan yang sebanyak-banyaknya tidak pernah berakhir dalam diri manusia sampai dia masuk ke liang kubur”  Naudzubillah min dzalik!       

Akibat buruk  dari  sifat Tamak terhadap Harta

Prilaku-perilaku negatif  yang ditimbulkan dari  sifat tamak antara lain :
  • Bakhil  yaitu sikap terlalu sayang terhadap harta sehingga enggan memberikan kepada  orang lain.
  • Egois yaitu suatu sikap yang mementingkan diri sendiri
  • Individualis yaitu suatu sikap yang tidak peduli dengan lingkungannya.
  • Ambisius  yaitu keinginan berlebih-lebihan untuk memperoleh harta sebanyak-banyaknya.
  • Menjadikan harta sebagai ”berhala” ( suatu yang dipuja-puja, diimpi-impikan) sehingga melalaikan tujuan kehidupan hakiki (akhirat). 

INTINE BELAJAR - Jika ada penulisan surat Al-Qur'an yang salah atau ada kesalahan makna dan kesalahan lainnya, harap untuk segera lapor ke admin untuk tujuan perbaikan melalui email: intinebelajar@gmail.com !!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 5 Akibat buruk dari Sifat Tamak terhadap Harta

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus