Artikel Islam · Aqidah Akhlak · Fikih · Al-Qur'an Hadits · SKI

Kejadian Luar Biasa Selain Mu'jizat & Hikmahnya

Kejadian Luar Biasa Selain Mu'jizat & Hikmahnya - Selain mukjizat adapula kejadian-kejadian luar biasa yang Allah berikan kepada hamba-hambaNya yang Dia kehendaki. Adapun kejadian yang luar biasa itu terbagi menjadi tiga macam yaitu : Karomah, Maunah dan irhas.

Karomah

Karamah adalah kejadian luar biasa yang dianugerahkan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya yang saleh dan taat kepadanya. Orang yang saleh dan taat kepada Allah itu dinamakan wali Allah. Para wali tersebut bukan seorang rasul,akan tetapi sebagai manusia biasa,namun karena ketaatannya,mereka memperoleh gelar atau sebutan wali Allah SWT.

Dalil Al-Qur'an yang menerangkan tentang karomah sesuai firman Allah:

أَلآ إِنَّ أَوْلِيَآءَ اللهِ لاَخَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَهُمْ يَحْزَنُونَ
Artinya : “Ingatlah,wali-wali Allah itu,tidak ada rasa takut pada mereka,dan mereka tidak bersedih hati.” (Q.S.Yunus/10:62)

Oleh karena wali-wali Allah itu begitu taatnya kepada Allah sehingga wali itu sangat dekat sekali kepada Allah demikian juga doanya dikabulkan oleh Allah.

Para wali ini juga sangat aktif didalam mengembangkan ajaran agama islam.Di dalam menyiarkan agama islam ini,para wali juga sering mengalami kendala-kendala atau hambatan sebagaimana yang dialami oleh para rasul.Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi para wali Allah ini dari musuh-musuhnya,maka Allah memberi anugerah berupa karamah.

Para wali ini juga sangat aktif didalam mengembangkan ajaran agama islam.Di dalam menyiarkan agama islam ini,para wali juga sering mengalami kendala-kendala atau hambatan sebagaimana yang dialami oleh para rasul. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi para wali Allah ini dari musuh-musuhnya,maka Allah memberi anugerah berupa karamah.

Salah satu karomah yang diberikan kepada wali Allah adalah sunan kalijaga.Sunan Kalijaga (Raden Syahid) waktu membuat masjid Agung Demak Bintoro untuk tiang utamanya yang empat (soko guru) terdiri atas potongan-potongan kayu kecil yang kemudian ditumpuk-tumpuk tanpa menggunakan lem perekat akhirnya jadilah tiang masjid yang besar dan kokoh berkat karamahnya.

Ma’unah

Ma’unah adalah kemampuan luar biasa yang diberikan Allah kepada seorang mukmin untuk mengatasi suatu kesulitan.Maunah terjadi pada orang biasa berkat pertolongan Allah.Misalnya seorang nenek yang terkurung dalam rumah yang terbakar.Nenek tersebut dapat membobol tembok yang kokoh dan selamat dari bahaya.Ini disebut ma’unah karena secara akal sehat tidak mungkin seorang nenek dapat membobol tembok yang kokoh.

Irhas

Irhas Adalah kejadian luar biasa /istimewa yang terjadi pada diri seorang calon rasul sebelum diangkat menjadi seorang rasul contohnya: Nabi Isa A.S.,sebelum menjadi Nabi sudah memiliki tanda tanda kenabian. Ia dilahirkan tanpa ayah dan masih bayi sudah dapat berbicara dengan jelas dan tegas.

Hikmah Mu'jizat dan Kejadian Luar Biasa Lainnya

  • Melemahkan dan mengalahkan alasan,usaha,dan tipu daya orang-orang yang menentang dakwah rasul allah.
  • Bagi yang telah percaya kepada kenabian maka mukjizat akan berfungsi untuk memperkuat iman serta menambah keyakinan akan kekuasaan Allah SWT.
  • Membuktikan kebenaran rasul yang diutus Allah dan ajaran – ajarannya.
  • Mempertebal iman kepada Allah SWT.
  • Mendekatkan diri kepada Allah.
  • Tidak takut akan kesulitan, karena yakin Allah selalu memberikan pertolongan kepada hambanya yang beriman dan bertakwa

INTINE BELAJAR - Jika ada penulisan surat Al-Qur'an yang salah atau ada kesalahan makna dan kesalahan lainnya, harap untuk segera lapor ke admin untuk tujuan perbaikan melalui email: intinebelajar@gmail.com !!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kejadian Luar Biasa Selain Mu'jizat & Hikmahnya

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus