Pengertian & Hikmah Iman Kepada Qada dan Qadar

Pengertian & Hikmah Iman Kepada Qada dan Qadar - Menurut istilah Islam, yang dimaksud dengan Qadha adalah ketetapan Allah sejak zaman Azali sesuai dengan iradah-Nya tentang segala sesuatu yang berkenan dengan makhluk.

Sedangkan Qadar arti qadar menurut bahasa adalah: kepastian, peraturan, ukuran. Adapun menurut Islam Qadar adalah perwujudan atau kenyataan ketetapan Allah terhadap semua makhluk dalam kadar dan berbentuk tertentu sesuai dengan iradah-Nya

Macam-Macam Takdir

Takdir Mubram

Takdir Mubram adalah ketentuan Allah yang pasti berlaku pada manusia dan tidak bisa dirubah . Seperti kelahiran atau kematian seseorang, datang nya hari kiamat, jodoh dan jenis kelamin.

قُلْ لا أَمْلِكُ لِنَفْسِي ضَرًّا وَلا نَفْعًا إِلا مَا شَاءَ اللَّهُ لِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ إِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ فَلا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلا يَسْتَقْدِمُونَ (٤٩)
Artinya : Katakanlah: "Aku tidak berkuasa mendatangkan kemudharatan dan tidak (pula) kemanfaatan kepada diriku, melainkan apa yang dikehendaki Allah". tiap-tiap umat mempunyai ajal[696]. apabila telah datang ajal mereka, Maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya)." (Qs. Yunus ayat 49)

Takdir Muallaq

Taqdir muallaq adalah ketentuan Allah yang dapat di ubah dengan usaha dan ikhtiar , seperti kekayaan, kesehatan , dan kepandaian atau prestasi.

إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ (١١)
Artinya : "Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (Qs. Ar-Ra’d ayat 11)

Kewajiban Beriman Kepada Qodha dan Qodar

  • Setiap muslim wajib beriman kepada Qadla dan Qadar. Pengingkaran terhadap adanya Qadla dan Qadar berarti sikap kafir.
  • Untung ruginya seseorang hanya ada pada kekuasaan dan kehendak Allah. Maka hendaklah kita selalu percaya kepada segala Qadla Allah, sabar atas segala cobaan yang menimpa kita.
  • Allah menantang siapa saja yang tidak bisa menerima Qadla-Nya dengan ridla dan tidak bisa bersabar atas segala cobaan yang diberikan kepadanya, supaya orang itu mencari tuhan selain Allah.

Ciri-Ciri Orang Yang Beriman Kepada Qodha dan Qodar

Orang yang beriman kepada qadla dan qadar harus memiliki sikap yang positif dalam kehidupan sehari-hari.  Diantara ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qada dan qadar adalah :
  • Senantiasa ikhtiar (berusaha) dalam mencapai keberhasilan
Manusia seringkali tidak bisa mengelak atau menghindari suatu peristiwa, khususnya peristiwa yang tidak diinginkan.Manusia juga selalu menginginkan kebaikan dan keberuntungan berpihak kepada dirinya. Namun hal itupun belum tentu ia dapatkan, upaya untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan dan upaya memperoleh sesuatu yang diinginkan adalah dua hal yang harus dilakukan manusia. Maka dari itu manusia harus wajib berikhtiar.
  • Senantiasa tawakal kepada Allah SWT.
Selain berikhtiar, langkah selanjutnya untuk mencapai apa yang diharapkan adalah bertawakal kepada Allah. Tawakal merupakan kesadaran diri bahwa apapun upaya yang kita lakukan maka hasilnya adalah terserah keapada Allah swt. Tawakal bisa diartikan sebagai penyerahan secara total atas usaha yang telah dilakukan.
  • Senantiasa bersikap tawadlu’ kepada kebesaran Allah SWT
Tawadlu merupakan sikap rendah diri.Orang yang beriman kepada qada dan qadar Allah tidak patut berbangga atas keberhasilan usahanya.Sebab semua kejadian yang ada di dunia ini atas kehendak Allah.

Perilaku yang Mencerminkan Keimanan Kepada Qodha dan Qodar

  • Melatih diri untuk senantiasa mensyukuri nikmat Allah
  • Mendidik diri untuk ikhlas menerima kenyataan hidup dengan hati sabar dan tabah.
  • Cukup tenang dalam hidup ini, tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan
  • Melatih diri untuk sabar dan tabah saat usahanya belum berhasil
  • Selalu meyakini bahwa dari apa yang telah terjadi, pasti ada hikmahnya

Manfaat Iman Kepada Qodha dan Qodar

  • Sabar dalam menghadapi cobaan dari Allah dan tawakal
  • Pandai bersyukur dan tidak mudah sombong. Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan selalu mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan oleh Allah kepada dirinya.
  • Yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah, maka orang yang percaya qadla dan qadar Allah akan menerima dengan kelapangan hati atas segala yang menimpa dirinya.

INTINE BELAJAR - Jika ada penulisan surat Al-Qur'an yang salah atau ada kesalahan makna dan kesalahan lainnya, harap untuk segera lapor ke admin untuk tujuan perbaikan melalui email: intinebelajar@gmail.com !!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian & Hikmah Iman Kepada Qada dan Qadar

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus