Peristiwa Yang Berhubungan dengan Hari Akhir

Alam Barzakh

Alam barzah juga disebut alam kubur. Di alam barzah manusia sudah dapat merasakan balasan amal baik dan buruk. Firman Allah SWT:

لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ (١٠٠)
Artinya : "Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah Perkataan yang diucapkannya saja.dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan" (Qs. Al-Mukminun ayat 100)

Yaumul Ba’aṡ

Yaumul Ba’aṡ artinya hari kebangkitan, yaitu hari bangkitnya kembali seluruh umat manusia sejak Nabi Adam a.s. hingga manusia terakhir dari alam . Firman Allah SWT:

يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ (٦)
Artinya : "Pada hari itu manusia  ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka" (QS. Al-Zalzalah : 6)

Yaumul Maḥsyar 

Yaumul Maḥsyar adalah hari berkumpulnya seluruh umat  manusia. Setelah dibangkitkan dari alam kubur , manusia digiring dan dikumpulkan di padang mahsyar. Firman Allah SWT:

 وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الأرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا
Artinya : "dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorangpun dari mereka." (QS.al-Kahfi:S47)

يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ (٦)
Artinya : "Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka" ( QS. Zalzalah ayat 6 )

Keadaan Manusia di Padang Mashsyar Setelah Bangkit dari Kubur

  • Wajahnya seperti kera, karena suka menyebar fitnah kepada orang lain.
  • Kepalanya seperti babi, karena suka menerima suap dalam menegakan hukumButa mata, karena keterlaluan dalam menghukum manusia
  • Pekak/tuli dan bisu, karena mereka heran dengan amal perbuatannya.
  • Mengalir nanah dan darah yang busuk serta menikam-nikam lidahnya sendiri. Orang bicara tidak sesuai dengan amal perbuatannya.
  • Luka seluruh badan, karena suka menjadi saksi palsu
  • Telapak kaki terletak di dahi dan terikat pada ubun-ubun, bau busuk lebih dari bangkai, karena mencari kemewahan dunia dengan menjual agama/memperalat agama.
  • Seperti orang mabuk, miring ke kiri, ke kanan terhuyung-huyung, karena menyimpan harta daripada dibelanjakan di jalan Allah ( orang kikir terhadap harta benda )
  • Benar-benar mabuk, karena suka bercerita kejelekan di dalam masjid/mushola.
  • Berupa babi, karena suka makan riba.
  • Tidak bertangan dan berkaki, karena suka menyakiti orang lain.
  • Berkepala babi, karena suka melalaikan sholat lima waktu.
  • Perut dipenuhi ular dan kalajengking yang selalu menyengat, karena tidak mau mengeluarkan zakat ( kikir terhdap harta benda ).
  • Darah dan nanah busuk keluar dari mulut, karena suka berbohong dalam berdagang/niaga.
  • Terasing/terpisah dari manusia serta bau busuk melebihi bangkai, karena suka menutupi maksiat takut ketahuan manusia, tapi tidak takut kepada Allah.
  • Tenggorokan terpisah dari leher, karena bersaksi/sumpah palsu.
  • Tidak berlidah dan mengalir darah busuk dari mulut, karena malas mengucapkan kalimat syahadat.
  • Berjalan kepala di bawah dan kaki di atas, karena suka berbuat zina waktu di dunia
  • Muka hitam dan perut penuh api neraka, karena suka memakan harta anak yatin dengan cara zholim.
  • Berpenyakit kusta ( kaki gajah ) dan sopak ( belang badan ), karena suka durhaka kepada kedua orang tua.
  • Gigi seperti tanduk lembu ( sapi ), lidah menjulur hingga perut, najis dan kencing keluar dari perut, karena suka minuman yang memabukan.

Yaumul Mīzān

Yaumul Mizan yaitu hari penimbangan amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia selama hidupnya.Firman Allah SWT.

وَنَضَعُ الْمَوَازِينَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فَلا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا وَإِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ أَتَيْنَا بِهَا وَكَفَى بِنَا حَاسِبِينَ (٤٧)
Artinya : "Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, Maka Tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala) nya. dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan." (QS. Al-Anbiya : 47)

Yaumul Ḥisab

Yaumul ḥisab artinya hari perhitungan amal baik dan buruk yang dilakukan selama hidupnya.Firman Allah SWT.

الْيَوْمَ تُجْزَى كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ لا ظُلْمَ الْيَوْمَ إِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ (١٧)
Artinya : "Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi Balasan dengan apa yang diusahakannya. tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah Amat cepat hisabnya." (QS. Al-Mukmin :17)

Ṣirāṭ

Ṣiraṭ adalah jalan atau jembatan penentu dari setiap manusia setelah diperhitungkan dan ditimbang perbuatan baik- buruknya Ṣiraṭ tersebut menentukan manusia masuk surga atau neraka. 

Surga dan Neraka

Surga dan neraka adalah tempat terakhir yang diciptakanoleh Allah SWT untuk memberikan balasan atas perbuatanmanusia semasa di dunia.

Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan pada hari akhir kelak, disedia oleh Allah untuk orang yang bertaqwa.

جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ وَالْمَلائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ (٢٣)سَلامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ (٢٤)
Artinya : "Sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;(sambil mengucapkan): "Salamun 'alaikum bima shabartum. Maka Alangkah baiknya tempat kesudahan itu." (Qs. Ar-Ra’d ayat 23-24)

Neraka adalah tempat yang penuh penderitaan dan siksaan di akhirat kelak sebagai balasan perbutan buruk bagi orang-orang durhaka kepada Allah SWT.

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا (٥٦)
Artinya : "Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana" (Qs. An-Nisa ayat 56)
INTINE BELAJAR - Jika ada penulisan surat Al-Qur'an yang salah atau ada kesalahan makna dan kesalahan lainnya, harap untuk segera lapor ke admin untuk tujuan perbaikan melalui email: intinebelajar@gmail.com !!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Peristiwa Yang Berhubungan dengan Hari Akhir

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus