Sifat Mustahil dan Jaiz Bagi Rasul Allah Swt

Sifat Mustahil bagi Rosul-rosul Allah

Pengertian sifat mustahil bagi Rosul Allah adalah sifat yang tidak mungkin ada pada diri rosul-rosul Allah atau sifat yang berlawanan dengan sifat wajib bagi rosul-rosul Allah.

Adapun diantara sifat sifat mustahil yaitu:

1. Kidhib (Bohong),
2. Khianah (Berkhianat atau tidak dipercaya),
3. Kitman (menyembunyikan) dan
4. Baladah (Bodoh).

Rosul-rosul Allah adalah manusia-manusia pilihan Allah.Maka para rosul Allah tidak mungkin mempunyai sifat mustahil sebagaimana manusia biasa.Karena para rosul Allah adalah manusia yang ma’sum (terjaga).

Ma’shum mempunyai arti terjaga.Para rosul Allah sangat terjaga dari segala dosa selayaknya manusia biasa.

Allah berfirman dalam Al-Quran:

لِّيَغْفِرَ لَكَ اللهُ مَاتَقَدَّمَ مِن ذَنبِكَ وَمَاتَأَخَّرَ
Artinya: “Supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosa yang telah lalu dan yang akan datang”.   

Sifat Jaiz Bagi Rosul-rosul Allah

Allah telah mengutus para rasul kepada manusia dan telah dihiasi dengan sifat kesempurnaan melebihi makhluk Allah yang lain, namun mereka tidak akan terlepas dari fitrah kemanusian yang ada dalam dirinya. Seorang rasul tetaplah sebagai seorang manusia biasa yang berprilaku sebagaimana manusia.

Sifat para rasul Allah ini telah membuat mereka melakukan aktifitas sebagaimana manusia lainnya.Sudah tentu yang dimaksud di sini adalah prilaku dan sifat yang tidak mengurangi derajat kerasulan mereka di mata manusia.

Jadi sifat sifat ini boleh dikatakan jaiz bagi para rasul, yaitu sifat sifat yang boleh dilakukan dan boleh pula ditinggalkan Seperti makan, minum, tidur, kawin, istirahan, sakit yang ringan, pingsan, jalan ke pasar pasar, berniaga dan semacamnya.

Sedangkan prilaku dan sifat yang bisa merendahkan derajat kerasulan, mereka akan terpelihara dan dipelihara oleh Allah dan sudah pasti perilaku dan sifat itu tidak pernah dilakukannya. Dan inilah yang membedakan mereka dengan manusia yang lain.
 
INTINE BELAJAR - Jika ada penulisan surat Al-Qur'an yang salah atau ada kesalahan makna dan kesalahan lainnya, harap untuk segera lapor ke admin untuk tujuan perbaikan melalui email: intinebelajar@gmail.com !!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sifat Mustahil dan Jaiz Bagi Rasul Allah Swt

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus